Kereta api merupakan salah satu alat transportasi yang banyak disukai
orang, karena selain harganya terjangkau, kereta api juga tidak terkena
macet seperti bis karena mempunyai rel atau jalur khusus. Sampai
sekarang kereta api berkembang terus menerus dan dilengkapi dengan
teknologi yang canggih serta dengan berbagai model. Kali ini kita akan
membahas tentang sejarah perkembangan dan juga penemu kereta api yaitu William Murdoch.
Kereta api ditemukan pada tahun 1784 oleh William Murdoch, seorang
ilmuwan berkebangsaan Inggris, lahir pada 21 Agustus 1754 di Lugar,
Skotlandia.
Pada awalnya kereta api dikenal sebagai kereta kuda yang terdiri dari
satu rangkaian kereta saja, sehingga di buat kereta kuda yang dapat
menarik beberapa rangkaian kereta. Kereta ini sangat dibutuhkan untuk
mengangkut bahan tambang, sehingga kereta ini khusus dioperasikan di
daerah pertambangan. Supaya dapat meringankan beban yang diangkut, maka
kereta kuda ini berjalan dijalur yang dibuat khusus dari besi dan
dinamai trem.
Jalur rel pertama kali tercipta pada tahun 1630 di Inggris, dengan
adanya kegiatan pengangkutan batu bara. Pada mulanya semua hasil
pertambangan batu bara di angkut menggunakan kereta yang ditarik oleh
kuda. Kereta uap ciptaan Murdock awalnya berbentuk kendaraan roda tiga
yang menggunakan mesin dan boiler yang diletakkan diantara dua roda yang
lebih besar, dan bagian depan terdapat roda yang lebih kecil. Mekanisme
lokomotif tersebut memasukkan beberapa inovasi seperti katup pengaman
serta menggunakan sistem katup abru pada katup D-slide.
Pada tahun 1804, Richard Trevithick telah menciptakan mesin lokomotif
yang dirangkai dengan kereta. Selanjutnya penyempurnaan lokomotif
tersebut dilakukan oleh George Stephenson. George Stephenson merubah
merubah lokomotif tersebut menjadi lokomotif uap yang lebih efektif ,
memiliki daya yang lebih besar serta dapat menarik lebih banyak kereta.
Pada tahun 1815, lokomotif uap ciptaan George tersebut mulai beroperasi
dijalur antar rel yang memiliki lebar 1,42 m. George juga menambahkan
pelebaran jalur selebar 1,3 cm, lebar tersebut kini digunakan sebagai
standar rel kereta api. Pada tahun 1888, Frank j. sprague telah mampu
menyelesaikan jalur kereta api listrik pertama kali dengan panjang
mencapai 19 km di Richmond, Virginia. Namun untuk lokomotif listrik baru
mulai diperkenalkan pada tahun 1895.
Pada tahun 1925, kereta bermesin diesel untuk yang pertama mulai
dioperasikan. Kereta bermesin diesel tersebut adalah hasil karya Rudolft
Diesel. Kereta tersebut memiliki tenaga yang lebih besar dan sangat
efisien bila dibandingkan dengan lokomotif uap. Awal abad ke-19, kereta
diatas rel sedah mulai ditarik oleh kereta yang dijalankan menggunakan
mesin uap. Perkembangan kereta api mulai dari sarana dan prasarana mulai
mengalami banyak perkembangan dari tahun ke tahun.
Perkembangan kereta api yang semakin berkembang secara pesat seperti
munculnya kereta api yang super cepat, kereta api monorail (hanya dengan
satu rel), kereta api levitas magnetic dan lain sebagainya. Selain itu
teknologi persinyalan kereta api tidak lagi menggunakan sinyal mekanis
saja, namun juga menggunakan sinyal elektris. William Murdoch meninggal
pada 15 November 1839, pada usia 85 tahun dan dimakamkan di kota
Birmingham, Inggris. Demikian ulasan tentang sejarah perkembangan dan
juga penemu kereta api yaitu William Murdoch. Semoga semangat dan
kegigihannya dapat kita contoh dalam melakukan sesuatu yang dapat
berguna bagi diri sendiri maupun orang lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar